Jetlag in Japan

Aneh sih emang pas liat tagline kali ini tentang Japan adventure, tapi sebelumnya gak pernah kepikiran sedikitpun untuk bisa menginjakan kaki di bumi sakura ini. But, I AM HERE NOW!!
Rencananya saya mau jajah balik aja….haahahaa…okesipp

Kalo omong boleh omong ceritanya panjang. Saya iseng ikutan beasiswa s2 di UNPAD (Ilmu lingkungan), ceritanya sih ada program Double Degree gitu, ada yang ke belanda (univ. Twente) dan Jepang (Univ. Mie). Intinya program ini menerapkan sistem transfer kredit tapi waktu studi lebih singkat dan bisa dapet 2 gelar. Yah mungkin hokinya dapet yang Jepang, tapi bukan berarti pas keterima masuk di pasca UNPAD langsung bisa ke Jepang, harus la-la-li-li dulu yuuu… (seleksinya panjang banget mulai dari toefl yang minimal 550, psikotes, oral exam, dan tentunya research yang menarik).
Yah intinya sekarang saya di jepang aja ceritanya, lala lili nya laen kali aja diceritain di segmen lain. Yang ikut program DD ada 4 orang, banyak hal konyol, bodoh, oon, yang udah sering kita lakuin sejak awal seleksi. Dari mulai yang salah masuk pintu troley di bandara, yang kaget masuk ATM, yang ngegodain cewe di transmusi, yang suka angkat telepon pake sandal, semua ada disini. Okelah dimulai dari perjalanan kita start from Soekarno Hatta international Airport aja yah. Kita berangkat naek pesawat “orang glodok” yam 6 pagi tgl 6 april 2013, semuanya pada dianterin keluarga masing-masing, saking beratnya buat ninggalin keluarga, kita masuk boarding pass deket-deket injury time. Gimana sih beratnya setahun gitu, ada yang ninggalin keluarga, bapa mama adek, pacar, anak istri, sampe calon istri harus dilepas begitu saja-asa kaya film pahlawan yang mau berjuang perang sambil dadah-dadah. Akhirnya pesawat pun harus lepas landas, dan ada yang harus dilepas juga. kalo kata peribahasa orang garut “To reach the future, you must to put down your past for a while“.

ImagePesawat kita transit 3 kali di hongkong, taipei, baru landing di chubu international airport, nagoya. dan lagi-lagi ketemu orang glodok.
ImageImage

Karena cuaca yang rada gak oke, turbulensi pesawat gila-gilaan, badai disana-sini, sampe petir yang nyala di luar disangka lampu pesawat yang kelap-kelip atau barangkali kembang api di atas awan. Intinya dari sepanjang sejarah saya naek pesawat, kali ini yang paling ekstrim, apalagi udah deket Jepang, pas mau landing di Chubu aja butuh waktu 1.5jam buat nurunin pesawat, sampe nenek-nenek juga ikut mabok. Pokonya histeria dufan mah LEWAT. Untung pesawat kita bisa landing meskipun miring-miring, bongkok-bongkok. Sampe deh di Chubu, nagoya sekitar pukul 9 malem waktu jepang (beda 2 jam sama indonesia). Ini bandara keren banget, hasil reklamasi dan dibuat di atas lautan, tapi sayang karena malem dan cuaca yang jelek banget jadi gak bisa liat kerennya lautan dan gak bisa naek kapal feri buat ke daratan, yah jadi kita harus naek kereta api
2 kali ke Mie prefecture via Nagoya. Hebatnya bandara ini mulai Juli 2012 sudah menyediakan layanan residence card untuk foreign people. bentuknya mirip e-KTP, bedanya buat kartu ini kurang dari 6 menit, kalo e-KTP lebih dari 6 bulan (saya juga belom dapet-dapet, maklum kabupaten >.<)
Di bandara kita djemput sama sensei (Ehara-sensei), hebatnya beliau mau gitu jemput kita malem-malem dan pulang by train sambil bantuin bawain koper kita yang segaban-gaban, geret sana geret sini, jadi ceritanya di kereta ada kejadian unik, karena kereta disini pintunya otomatis dan cuma buka 1 menit setiap berhenti, jadi kita harus stand by depan pintu sambil siap2 angkat koper kita se ekspres mungkin pas pintu kebuka.

Sampelah di Dormitory, yang cewe beda sama yang cowo, yang cowo kebagian di dorm untuk mahasiswa internasional di belakang lingkungan kampus, sedang kita;cewe-cewe tinggal di tempat yang kebanyakan cewe jepang semua, saya kebagian di kamar 103 (lantai 1) dan teh troley (kita sebut saja demikian), dapet kamar 303 (lantai 3) tapi spooky dengan lampu lorong yang ajep-ajep. Kita di anterin Kohbara-sensei sampe depan dormitory, trus ada yang jemput di didepan (Japanese woman), namanya Misato Osawa, keliatannya baik, dia yang nerangin semua apa yang harus kita lakukan dan nunjukin kamar kita, tapi sayang pake bahasa tubuh, dia gak bisa ngomong inggris tapi ngerti, jadi setiap kita tanya, mukanya udah kaya orang mau nangis atau bocah yang mau digebukin-butuh balon mana balon-Akhirnya t troley itu jadi sekamar sama saya, ya sedeksedekan buat sementara. Sialnya kita nyangka disini listriknya belum nyala dan harus konfirmasi ke Electric power-kebayangkan dengan suhu  rata-rata 7-12 derajat celcius. OMG, mikirnya gila aja cape-cape baru datang, baru sampe jepang setelah perjalanan ke masa depan hampir 24 jam, laper, haus, ini gada LISTRIK?Mati aja lo!! Eh, tenyata si Misato nya yang gaptek, aku keratak-keratak ternyata sekeringnya harus di tarik dan bisa nyala, tapi tetep aja gak bisa pasang heater di AC karena hurufnya semua uba-uba. Okelah lupakan misato sejenak, biarkan dia kembali ke kamarnya biar gak nangis pas ditanya.

Disini ternyata hal apapun ada tagihannya, asuransi lab, asuransi kesehatan, asuransi dorm, sampe air panas yan suka kita pake buat jakuzi, haha..Hari pertama itu judulnya bukan JETLAG tapi TIRIS.
Besoknya disambutlah sama temen-temen PPI Mie yang solid banget dan menjamu kita dengan makanan yang enak-enak (tau aja dari semalem belum makan dan minum air putih sedikitpun). Dan cerita saya pun berlanjut dengan penemuan-penemuan konyol mulai dari sakura yang masih mekar, sampe temen dormitory yang suka nebeng makan (rasa kabel alias kaga beli).
ImageImage
Selanjutnya masih di Tangan Kecil Fittrie.
Laboratory of Physiology Mie University, 11 April 2013; 15.11 waktu jepang

One thought on “Jetlag in Japan

Add yours

Leave a comment

Blog at WordPress.com.

Up ↑